Cara Menggunakan Facebook secara Profesional


Seiring ketatnya persaingan dalam dunia kerja, banyak perusahaan yang mencari cara baru untuk menemukan tenaga kerja profesional yang kompeten untuk mengisi posisi yang mereka butuhkan. Salah satu cara bagi perusahaan untuk mengetahui latar belakang calon karyawan adalah dengan "mengintip" akun media sosial secara teratur sebelum seseorang dipekerjakan.

Disamping bisa menjatuhkan, akun media sosial juga bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk membangun reputasi profesional Anda. Tentu saja, asalkan Anda berhati-hati dengan gambar-gambar yang biasa Anda unggah di media sosial tersebut.

Sekarang ini, Facebook telah menjadi jejaring sosial yang paling banyak digunakan, sekaligus paling banyak disalahpahami. Jika Anda belum terlanjur memporak porandakan reputasi diri Anda sendiri, ketahuilah bahwa telah banyak orang yang menggunakan Facebook sebagai sarana profesional online mereka.

Pikirkanlah untuk menggunakan Facebook sebagai alat profesional Anda. Jangan pedulikan tentang jutaan anak-anak SMP, SMA dan mahasiswa yang menggunakan Facebook untuk menghindari pekerjaan rumah, bercanda, atau bahkan untuk menyaru sebagai orang lain. Anda dapat membuat akun Facebook menjadi apapun yang Anda inginkan, bahkan sebagai media saluran penyiaran pribadi Anda sendiri.

Menggunakan Facebook sebagai alat profesional sangat berbeda daripada menggunakannya sebagai pribadi. Anda harus lebih selektif dengan konten yang Anda posting (update status), dan waspadalah dengan posting atau gambar yang bisa dilihat sebagai negatif atau tidak pantas. Berikut ini beberapa tips bagaimana mempersiapkan diri untuk menggunakan Facebook sebagai jaringan profesional.

Tentukan Penggunaan Akun Facebook

Jika Anda telah memiliki akun Facebook, pikirkan kembali sikap Anda terhadap penggunaannya. Bagi kebanyakan orang, Facebook adalah tempat untuk berbagi dan berkomunikasi dengan teman-teman. Untuk profesional, berbagi foto, artikel non-profesional, media dan percakapan pribadi minimal, dan Facebook berfungsi sebagai resume virtual.

Bersihkan Kronologi Facebook Anda

Mulailah dengan melihat pada kronologi Anda. Disana Anda bisa merunut kembali semua posting, komen, gambar, dan like yang pernah Anda lakukan. Bersihkan kronologi Anda dari segala hal yang bisa membuat Anda terlihat konyol dan tidak profesional. Anda mungkin bisa memulai menghapus status, komen, foto dan yang lainnya. Jika ada status atau gambar teman yang muncul di kronologi Anda, ini mungkin karena Anda telah di-Tag, atau ditandai. Jika hal itu membuat Anda merasa kurang nyaman, hapuslah tag atau tanda yang pernah dibagi oleh teman Anda.

Mengelola Teman Facebook

Kelola teman Anda dengan bijaksana. Ada sejumlah strategi yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan apa-apa saja yang boleh dilihat oleh teman-teman Anda. Anda juga bisa melakukan update status dengan pemirsa yang Anda pilih sendiri. Pastikan apakah setelan status Anda telah aman. Anda bisa menyetelnya menjadi publik, teman dari teman, hanya teman, atau bahkan hanya orang-orang dekat yang Anda pilih sendiri. Hapuslah pertemanan dengan orang-orang yang tidak profesional, atau jika Anda khawatir mereka akan posting sesuatu di dinding Anda.

Mengembangkan daftar teman yang terdiri dari para profesional, mentor dan pemimpin industri. Pisahkan teman-teman pribadi dan profesional Anda. Lihat ke halaman beranda Anda dan klik pada link "More" di sebelah pilihan "Teman". Klik pada tombol "Create List" di sudut kanan. Buatlah daftar semua kenalan profesional Anda, dan beri nama "Profesional." Selanjutnya, lihat ke Pengaturan Privasi Anda di menu Drop Down di sebelah kanan atas. Pilih "Custom" dan Anda dapat membuat pilihan untuk menyembunyikan atau menampilkan konten Anda, seperti yang Anda posting itu, menurut daftar orang tertentu.

Aplikasi, Grup, dan Permainan

Hapuslah aplikasi, grup, permainan dan banyak lagi yang tidak diperlukan untuk jaringan profesional. Menghapus hal-hal seperti Farmville, Fan Page, atau Places yang tidak diperlukan akan membuat akun facebook Anda menjadi lebih baik. Mulailah menjadi fans pada Fan Page yang berkaitan dengan minat profesional Anda dan halaman lain yang akan meningkatkan resume profesional Anda.

Share on Google Plus