Copy testing

Copy testing atau disebut juga pre-testing adalah sebuah istilah dalam penelitian yang digunakan untuk mengukur efektifitas iklan berdasarkan pada respon, umpan balik, dan perilaku konsumen. Penelitian ini meliputi semua saluran iklan seperti media televisi, radio, cetak, internet, dan termasuk di dalamnya adalah social media.

Seperti kita semua memahami bahwa kampanye pemasaran merupakan kegiatan yang memerlukan biaya besar. Untuk memastikan bahwa perusahaan telah memberikan nilai maksimum dari investasi ini, maka sangatlah penting bagi perusahaan untuk melakukan penelitian dan pengujian sebelum kampanye, dan kemudian mengukur efektivitas dari iklan yang telah ditayangkan.

Kami menawarkan studi ini untuk menjawab pertanyaan;
  • Apakah pelanggan memahami kampanye iklan Anda? 
  • Apakah iklan Anda telah mengkomunikasikan pesan yang Anda maksudkan? 
  • Apakah iklan Anda lebih unik dari iklan pesaing? 
  • Apakah kampanye iklan Anda telah mencapai hasil yang diinginkan? 

Copy testing berikut pengujian mengenai konsep iklan dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama dalam penelitian. Kelompok pertama terdiri dari tes yang mendukung pengembangan strategi periklanan. Tes tersebut menganalisis pemilihan bentuk iklan serta materi iklan yang akan digunakan dalam kampanye iklan. Kelompok kedua terdiri dari penelitian yang menilai relevansi dan efektivitas ide-ide baru serta pilihan saluran mana iklan tersebut akan dikomunikasikan. Dan akhirnya kelompok ketiga adalah penelitian berdasarkan penilaian terhadap efektivitas kampanye iklan yang telah dilaksanakan berdasarkan pengukuran brand awareness, visibilitas pesan iklan, dan perubahan yang dihasilkan dalam brand image.