Peralatan untuk Mystery Shopping

Dewasa ini kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama bagi para penyedia barang maupun layanan jasa masyarakat. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan persyaratan sistem manajemen kualitas terbaru yang dikeluarkan oleh ISO (International Organization for Standarization).

Beberapa perusahaan melakukan survey kepuasan pelanggan guna mengetahui tingkat kepuasan konsumennya. Terdapat beberapa metode yang biasa digunakan, misalnya melalui angket/kuisioner, interview secara langsung, dan yang paling popular adalah via Mystery Shopping.

Apa itu Mystery Shopping? Mystery shopping merupakan metode mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan cara mengirim seorang mystery shopper untuk melakukan observasi/interview secara langsung. Mystery Shopper telah terlatih untuk berakting seperti pelanggan pada umumnya. Kemudian, ia akan mengajukan pertanyaan kepada konsumen mengenai keluhan dan saran tentang produk/jasa pelayanan.

Nah, mystery shopper merupakan cara yang paling ampuh untuk survey kepuasan pelanggan. Mengapa ? karena pelanggan akan memberikan jawaban yang paling jujur serta tidak dibuat-buat, sehingga hasil survey akan benar-benar obyektif. Tidak hanya itu, mystery guest juga sangat efektif untuk menguji profesionalisme karyawan.

Sebagai seorang mystery shopper, Anda dituntut agar bisa menyamar dan berakting sesempurna mungkin layaknya pelanggan normal. Untuk itulah, Anda sepatutnya juga melengkapi diri dengan peralatan survey yang benar-benar terkamuflase agar tidak dikenali. Berikut ini beberapa peralatan survey yang bisa mendukung kinerja seorang mystery guest :

survey kepuasan pelanggan1.    Perekam suara mini
Peralatan survey
yang pertama adalah perekam suara mini. Tinggal tekan tombol record, maka seluruh pembicaraan Anda dengan pelanggan akan langsung terekam. Tak perlu lagi membuat checklist. Perekam suara yang multifungsi untuk MP3, flashdisk, serta bisa dihubungkan dengan telepon untuk merekam percakapan.

peralatan survey 2.    Spy remote
Merupakan perekam otomatis dengan sound control. Efektif digunakan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Bentuknya menyerupai gantungan kunci, sehingga sangat portabel. Selain audio recording, alat ini juga bisa merekam video, jepret foto, dan juga webcam.
survey kepuasan pelanggan3.    Spy watch
Peralatan survey
yang satu ini tak hanya canggih, tapi juga mendukung tampilan gaya yang modis. Gadget yang sempurna dengan fitur kamera, audio-video recording, serta webcam.All in one packet.
peralatan survey4.    Kamera jam meja
Jam meja dengan kemampuan luar biasa. Dilengkapi Layar TFT Full Color 1,8 Inch untuk playback hasil rekaman. Jam meja ini sangat fungsional untuk memonitoring kinerja karyawan, apakah sudah menerapkan pelayanan terhadap konsumen/pelanggan dengan baik atau belum. Alat ini bisa merekam suara dengan jernih, serta sebagai audio-video recorder dan webcam.
survey kepuasan pelanggan5.    Kamera saku
Dengan menggunakan kamera saku ini, Anda tidak hanya dapat mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, namun juga bisa melakukan perbandingan harga terhadap produk barang/jasa kompetitor. Kamera terkecil dengan kemampuan maksimal, bisa rekam suara dan video, serta webcam untuk keperluan netconference.
Peralatan untuk survey kepuasan pelanggan. Lebih obyektif dalam mendapatkan feedback dari konsumen. Bisa untuk perbaikan kualitas produk & layanan jasa. Lebih dari itu, profesionalisme karyawan juga bisa dimonitoring untuk mengetahui kinerja dan digunakan sebagai rekomendasi kenaikan gaji/jabatan. Hasil survey juga bisa dianalisa untuk mendapatkan strategi pemasaran baru demi eksistensi bisnis Anda.

Selamat mencoba.

sumber: tokokomputer007.com
Share on Google Plus