Dewasa ini kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama bagi para
penyedia barang maupun layanan jasa masyarakat. Hal ini tentunya
berkaitan erat dengan persyaratan sistem manajemen kualitas terbaru yang
dikeluarkan oleh ISO (International Organization for Standarization).
Beberapa perusahaan melakukan survey kepuasan pelanggan
guna mengetahui tingkat kepuasan konsumennya. Terdapat beberapa metode
yang biasa digunakan, misalnya melalui angket/kuisioner, interview
secara langsung, dan yang paling popular adalah via Mystery Shopping.
Apa
itu Mystery Shopping? Mystery shopping merupakan metode mengetahui
tingkat kepuasan pelanggan dengan cara mengirim seorang mystery shopper
untuk melakukan observasi/interview secara langsung. Mystery Shopper telah
terlatih untuk berakting seperti pelanggan pada umumnya. Kemudian, ia
akan mengajukan pertanyaan kepada konsumen mengenai keluhan dan saran
tentang produk/jasa pelayanan.
Nah, mystery shopper merupakan cara yang paling ampuh untuk survey kepuasan pelanggan.
Mengapa ? karena pelanggan akan memberikan jawaban yang paling jujur
serta tidak dibuat-buat, sehingga hasil survey akan benar-benar
obyektif. Tidak hanya itu, mystery guest juga sangat efektif untuk
menguji profesionalisme karyawan.
Sebagai seorang mystery shopper,
Anda dituntut agar bisa menyamar dan berakting sesempurna mungkin
layaknya pelanggan normal. Untuk itulah, Anda sepatutnya juga melengkapi
diri dengan peralatan survey yang benar-benar terkamuflase agar tidak dikenali. Berikut ini beberapa peralatan survey yang bisa mendukung kinerja seorang mystery guest :
![]() | 1. Perekam suara mini Peralatan survey yang pertama adalah perekam suara mini. Tinggal tekan tombol record, maka seluruh pembicaraan Anda dengan pelanggan akan langsung terekam. Tak perlu lagi membuat checklist. Perekam suara yang multifungsi untuk MP3, flashdisk, serta bisa dihubungkan dengan telepon untuk merekam percakapan. | |
![]() | 2. Spy remote Merupakan perekam otomatis dengan sound control. Efektif digunakan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Bentuknya menyerupai gantungan kunci, sehingga sangat portabel. Selain audio recording, alat ini juga bisa merekam video, jepret foto, dan juga webcam. | |
![]() | 3. Spy watch Peralatan survey yang satu ini tak hanya canggih, tapi juga mendukung tampilan gaya yang modis. Gadget yang sempurna dengan fitur kamera, audio-video recording, serta webcam.All in one packet. | |
![]() | 4. Kamera jam meja Jam meja dengan kemampuan luar biasa. Dilengkapi Layar TFT Full Color 1,8 Inch untuk playback hasil rekaman. Jam meja ini sangat fungsional untuk memonitoring kinerja karyawan, apakah sudah menerapkan pelayanan terhadap konsumen/pelanggan dengan baik atau belum. Alat ini bisa merekam suara dengan jernih, serta sebagai audio-video recorder dan webcam. | |
![]() | 5. Kamera saku Dengan menggunakan kamera saku ini, Anda tidak hanya dapat mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, namun juga bisa melakukan perbandingan harga terhadap produk barang/jasa kompetitor. Kamera terkecil dengan kemampuan maksimal, bisa rekam suara dan video, serta webcam untuk keperluan netconference. |
Peralatan untuk survey kepuasan pelanggan.
Lebih obyektif dalam mendapatkan feedback dari konsumen. Bisa untuk
perbaikan kualitas produk & layanan jasa. Lebih dari itu,
profesionalisme karyawan juga bisa dimonitoring untuk mengetahui
kinerja dan digunakan sebagai rekomendasi kenaikan gaji/jabatan. Hasil
survey juga bisa dianalisa untuk mendapatkan strategi pemasaran baru
demi eksistensi bisnis Anda.
Selamat mencoba.
sumber: tokokomputer007.com
sumber: tokokomputer007.com