MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS RITEL



Memang tak bisa dielakkan bahwa bisnis ritel akan mengalami banyak persaingan. Sementara itu Anda tidak dapat mengontrol apa yang dilakukan oleh pesaing Anda. Namun demikian, Anda masih bisa meminimalisir dampak persaingan tersebut terhadap bisnis Anda. Berikut adalah tiga cara untuk mengatasi persaingan dalam bisnis ritel.

1. Kurangi Beban Biaya, Bukan Iklan

Lihatlah pernyataan Laba Rugi Anda, rincilah semua pengeluaran Anda, dan tanyakan pada diri sendiri pengeluaran mana saja yang mungkin dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Cari tahu pos mana saja yang mungkin dapat Anda potong. Sedikit demi sedikit Anda mulai mencoret sana sini, dan nantinya akan terakumulasi sejumlah angka rupiah. Namun, biaya yang TIDAK BOLEH Anda kurangi adalah iklan. Bahkan, banyak bisnis ritel justru ingin meningkatkan upaya pemasaran mereka selama "masa lesu" karena menyadari akan semakin banyak pesaing di luar sana sementara konsumen memiliki anggaran yang terbatas.

2. Melakukan Hal Kreatif

Pengecer di industri yang sama umumnya menggunakan metode pemasaran yang sama untuk menjangkau pelanggan. Sekaranglah waktunya bagi Anda untuk melakukan hal-hal yang kreatif dan menggunakan metode pemasaran modern untuk membedakan bisnis Anda dari kompetitor. Sebuah kampanye pemasaran yang unik akan lebih menarik perhatian dan Anda memiliki peluang lebih untuk melakukan penjualan. Di samping itu, Anda dapat mencari beberapa pasar baru yang belum termanfaatkan, baik oleh Anda maupun pesaing Anda. Anda mungkin akan menemukan ceruk pasar yang dapat Anda dominasi dengan sedikit atau bahkan tanpa persaingan samasekali.

3. Menyediakan Layanan Prima (Service Excellence)

Dengan melakukan upaya ekstra untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, pengecer bisa bertahan hidup lebih lama dalam persaingan. Membuat suasana sedemikian rupa sehingga dengan belanja di toko Anda seperti menemukan pengalaman yang mengesankan, dan pelanggan tidak sabar untuk datang kembali atau untuk memberitahu teman-teman mereka. Orang-orang suka berbelanja di mana mereka merasa nyaman dan di mana mereka merasa bahwa pemilik benar-benar peduli tentang keinginan dan kebutuhan mereka. Untuk memastikan bahwa standar layanan Anda telah dijalankan oleh karyawan, Anda bisa menjalankan Program Mystery Shopper secara berkala.
Share on Google Plus