CARA SUKSES MEMULAI BISNIS


Memulai sebuah bisnis bisa menjadi salah satu keputusan yang paling menggembirakan dalam hidup Anda. Tapi ada banyak bagian dan berbagai faktor yang mesti Anda pertimbangkan.

Berikut adalah 10 langkah yang memberikan gambaran tentang langkah-langkah dasar yang diperlukan untuk memulai sebuah bisnis dengan sukses. Ambillah satu langkah pada satu waktu, dan Anda akan berada di tengah proses kepemilikan sebuah usaha kecil.

Langkah 1: Dapatkan Inspirasi

Semua bisnis dimulai dari titik yang sama yaitu ide. Anda mungkin telah bermimpi untuk memulai bisnis Anda sendiri selama bertahun-tahun, atau sebuah inspirasi besar telah membangunkan Anda secara tiba-tiba. Terlepas dari sumber inspirasi, langkah pertama untuk memulai sebuah bisnis Anda sendiri akan datang melalui ide bisnis.

Langkah 2: Lakukan Riset Anda

Anda telah mengidentifikasi ide besar Anda, sekarang saatnya untuk menyeimbangkannya dengan sedikit realitas. Apakah Anda benar-benar siap untuk memulai bisnis ini? Ambillah sebuah daftar pertanyaan kepada diri sendiri untuk mengukur kesiapan diri Anda dan melihat apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk memiliki sebuah bisnis yang sukses.

Tahap selanjutnya dalam riset yang Anda lakukan dalam bisnis kecil ini adalah proses awal yang akan membantu Anda mengetahui apakah ide bisnis Anda memiliki potensi.

Supaya bisnis Anda sukses, maka ia harus bisa memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, atau menawarkan sesuatu yang diinginkan pasar. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan ini, termasuk penelitian, kelompok diskusi terfokus, dan bahkan “trial and error”. Ketika Anda menjelajahi pasar, beberapa pertanyaan yang harus Anda jawab meliputi:
  1. Apakah ada kebutuhan untuk produk / jasa Anda? 
  2. Siapa yang membutuhkannya? 
  3. Apakah ada perusahaan lain yang menawarkan produk / layanan serupa sekarang ini? 
  4. Seperti apa persaingan yang terjadi? 
  5. Bagaimana bisnis Anda akan masuk ke pasar? 

Jangan lupa untuk bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan, juga, tentang memulai bisnis sebelum Anda memutuskan untuk mengambil risiko.

Untuk pembahasan mengenai riset ini, Anda bisa klik disini >>CARA MELAKUKAN RISET PASAR

Langkah 3: Membuat Rencana Bisnis

Sekarang Anda butuh rencana untuk membuat ide bisnis Anda menjadi kenyataan. Jika Anda berniat untuk mencari dukungan keuangan dari investor atau lembaga keuangan, maka Anda harus membuat rencana bisnis secara formal.

Bahkan jika Anda tidak akan mencari dukungan keuangan-pun, rencana bisnis sederhana dapat memberikan kejelasan tentang apa yang ingin Anda capai dan bagaimana Anda berencana untuk melakukannya.

Secara umum, rencana bisnis Anda harus menggariskan tujuan bisnis Anda dan motivasi yang melatarbelakanginya, serta rencana Anda untuk mencapai tujuan Anda dalam hal pemasaran dan pendanaan.

Langkah 4: Rencanakan Keuangan Anda

Memulai usaha kecil tidak harus memerlukan banyak uang, tetapi akan melibatkan beberapa investasi awal. Ada beberapa sumber pendanaan yang dapat mendanai bisnis kecil Anda, termasuk:
  • Lembaga Pembiayaan 
  • Pinjaman Usaha Kecil 
  • Hibah Usaha Kecil 
  • Investor 

Langkah 5: Pilih Struktur Bisnis

Bisnis kecil Anda bisa menjadi kepemilikan tunggal, kemitraan, perseroan terbatas, atau korporasi. Namun demikian, Anda harus ingat bahwa struktur bisnis yang Anda pilih akan berdampak banyak terhadap nama bisnis Anda, tanggung jawab, dan bagaimana Anda mengajukan pajak Anda.

Anda dapat memilih struktur bisnis awal, kemudian mengevaluasi kembali dan mengubah struktur Anda seiring tumbuhnya bisnis Anda yang membutuhkan perubahan.

Langkah 6: Pilih dan Daftarkan Nama Bisnis Anda

Nama bisnis Anda memainkan peran dalam hampir setiap aspek bisnis Anda, sehingga Anda ingin menjadi salah satu yang terbaik. Pastikan Anda berpikir melalui semua implikasi potensial ketika Anda menjelajahi pilihan Anda dan memilih nama bisnis Anda.

Setelah Anda memilih nama untuk bisnis Anda, Anda perlu memeriksa apakah nama tersebut telah terdaftar atau sedang digunakan orang lain. Ketika Anda merasa yakin bahwa nama bisnis Anda belum terdaftar, maka Anda tinggal mendaftarkannya. Seorang pemilik tunggal harus mendaftarkan nama bisnis mereka. Korporasi, LLC, atau kemitraan terbatas biasanya mendaftarkan nama bisnis mereka ketika dokumen pembentukan diajukan.

Langkah 7: Dapatkan Lisensi dan Izin Usaha

Dokumen merupakan bagian dari proses ketika Anda memulai bisnis Anda sendiri. Ada berbagai izin usaha kecil yang mungkin berlaku untuk situasi Anda, tergantung pada jenis bisnis Anda mulai dan di mana Anda berada. Anda perlu untuk melakukan riset apakah lisensi dan izin berlaku untuk bisnis Anda selama proses start-up.

Langkah 8: Tentukan Lokasi Bisnis Anda

Menyiapkan tempat usaha adalah merupakan hal penting untuk operasi bisnis Anda, apakah Anda akan memiliki kantor di rumah, ruang kantor bersama atau pribadi, atau lokasi ritel.

Anda perlu memikirkan lokasi, peralatan, dan pastikan lokasi bisnis Anda cocok dengan jenis bisnis yang Anda jalankan.

Langkah 9: Pilih Sistem Akuntansi Anda

Usaha kecil berjalan paling efektif ketika ada sistem keuangan. Salah satu sistem yang paling penting untuk usaha kecil adalah sistem akuntansi.

Sistem akuntansi Anda diperlukan untuk membuat dan mengelola anggaran, menetapkan tingkat suku bunga Anda, melakukan bisnis dengan orang lain, dan mengajukan pajak Anda. Anda dapat mengatur sistem akuntansi Anda sendiri, atau menyewa seorang akuntan.

Langkah 10: Mempromosikan Bisnis Kecil Anda

Setelah bisnis Anda mulai berjalan, Anda perlu mulai menarik klien dan pelanggan. Anda akan memulai dengan dasar-dasar dengan menulis proposisi penjualan yang unik (USP) dan membuat rencana pemasaran Anda.

Kemudian, mengeksplorasi sebanyak mungkin ide pemasaran usaha kecil sehingga Anda dapat memutuskan bagaimana mempromosikan bisnis Anda dengan cara paling efektif.

Setelah Anda menyelesaikan kegiatan-kegiatan untuk memulai bisnis ini, Anda akan segera memiliki semua hal yang paling penting dalam memulai sebuah usaha kecil, dan sekarang Anda siap untuk meraih kesuksesan bisnis kecil Anda.

Share on Google Plus