CARA MENYIKAPI POLITIK KANTOR


"Ada begitu banyak perselisihan dan manuver yang terjadi di kantor! Aku betul-betul benci dengan perpolitikan di kantor ini".

"Joseph adalah seorang yang juga berpolitik di kantor, dia cerdas, tahu persis bagaimana untuk mendapatkan apa yang dia inginkan, dan bagaimana cara mendapatkannya."

Apakah Anda juga membencinya, mengaguminya, belajar darinya, atau malah menghindarinya?

Baiklah, Politik Kantor adalah fakta kehidupan dalam organisasi apapun dan dimanapun. Suka atau tidak, itu adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk memastikan kesuksesan Anda sendiri. Oleh karenanya, Anda perlu memahami dan menguasai Perpolitikan Kantor.

"Politik Kantor" adalah strategi yang dimainkan oleh banyak orang untuk mendapatkan keuntungan, baik secara pribadi ataupun untuk tujuan yang mereka dukung. Istilah "Politik Kantor" sering memiliki konotasi negatif jika mengacu pada strategi yang digunakan orang untuk mencari keuntungan dengan mengorbankan orang lain. Dalam konteks ini (politik kantor negatif) memang sering mempengaruhi lingkungan kerja sekaligus hubungan antar anggota di dalamnya. Namun di sisi lain, Politik Kantor yang baik, justru cukup membantu Anda dalam mempromosikan diri ataupun keutungan lain. Praktek politik kantor yang baik ini lebih sering disebut Manajemen Jaringan dan Stakeholder.

Mungkin karena konotasi negatif, maka banyak orang melihat politik kantor sebagai sesuatu yang sebisa mungkin harus dihindari. Tapi faktanya, untuk menjamin kesuksesan baik Anda sendiri maupun proyek yang Anda tangani, Anda harus bisa mengendalikan jebakan-jebakan Politik Kantor. Jika Anda menghindari dan tidak mau berurusan dengan politik kantor yang mungkin terjadi di sekitar Anda, maka Anda hanya akan menjadi korban sementara yang lain akan mengambil keuntungan dengan cara licik. Disamping itu, Anda juga akan kehilangan kesempatan untuk memperjuangkan kepentingan-kepentingan baik untuk Anda sendiri maupun orang-orang dalam tim Anda yang telah mendukung proyek-proyek Anda.

Mengapa politik dalam dunia kerja tak bisa dihindari?
  • Beberapa orang memiliki kekuatan lebih dari yang lain, baik melalui hirarki atau dari pengaruh-pengaruh lain. 
  • Bagi sebagian besar orang, mendapatkan promosi adalah penting, dan ini dapat menciptakan persaingan antar individu, atau ketidakselarasan antara tujuan tim dan orang- orang di dalamnya. 
  • Kebanyakan orang perduli terhadap keputusan di tempat kerja dan ini mendorong perilaku politik karena mereka berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. 
  • Keputusan di tempat kerja dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan faktor personal, sehingga masih terdapat ruang terjadinya konflik kepentingan. 
  • Orang-orang dan tim dalam organisasi seringkali harus bersaing untuk mendapatkan sumber daya yang terbatas, hal ini dapat menyebabkan semacam "konflik kepentingan" di mana tim bersaing untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan mereka, sekalipun hal ini terkadang bertentangan dengan kepentingan yang lebih besar. 

Lalu, Bagaimana cara merancang strategi politik kantor? >>Next


free translate from mindtools
Share on Google Plus