CARA MENENTUKAN TARGET PASAR



Kesalahan yang kerap dilakukan oleh pengusaha muda adalah dengan melakukan pemasaran produk atau jasa sebelum mendefinisikan secara jelas siapa target yang akan dijadikan pelanggan atau klien mereka. Jika Anda juga melakukannya, Anda hanya akan membuang waktu dan biaya pemasaran yang telah Anda keluarkan.

Pemasaran bukan hanya masalah membuat dan menempatkan iklan baik di media cetak maupun elektronik. Ini merupakan metode untuk menarik bisnis baru. Sebelum Anda dapat mencapai hal ini, Anda harus tahu persis siapa target pasar yang ingin Anda bidik. Anda perlu tahu target pasar Anda sebelum Anda dapat menghubungi atau berkomunikasi dengan mereka.

Apa kira-kira manfaat dari penentuan target pasar ini? Mari kita ambil contoh sederhana, misalnya, saat Anda menjual perlengkapan petualangan arung jeram dan Anda ingin memasang iklan di TV. Pertanyaannya kemudian; Apakah mereka (para penggila petualang) benar-benar orang yang dengan senang hati duduk seharian di depan pesawat televisi sambil makan pop corn?

Tentukan pelanggan Anda dengan mendapatkan informasi segala sesuatu tentang mereka. Pikirkan baik-baik mengenai produk atau layanan Anda. Siapa sebenarnya orang yang benar-benar membutuhkan dan ingin membeli produk atau layanan Anda? Berapa umurnya? Apa status perkawinannya? Di mana mereka tinggal? Bagaimana mereka menghabiskan waktu luangnya? Apa hobinya? Produk lain apa saja yang mereka beli? Dan, ke mana saja mereka pergi berlibur?

Anda perlu mengembangkan target pasar se-detail mungkin jika Anda ingin memasarkan produk atau jasa secara efektif. Jadi pikirkan tentang "pelanggan ideal" Anda sebagai pribadi. Visualisasikan dia secara detail, dan "lihat"-lah apa yang dia lakukan, pikirkan, dan inginkan.

Jika Anda tidak dapat mem-visualisasikan orang ini secara jelas dan tegas, maka Anda perlu untuk melakukan riset pelanggan potensial (segmentasi pasar) Anda sampai Anda bisa melakukannya sendiri. Karena sebelum Anda bisa menentukan target pasar Anda, maka Anda juga belum bisa membuat keputusan tentang pemasaran, seperti bagaimana, di mana, dan kapan Anda harus memasang iklan.

Nah, sekarang saatnya bagi Anda untuk menemukan informasi segala sesuatu yang berkaitan dengan pelanggan Anda. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan riset pasar. Bagaimana cara melakukannya? [tris*]

Baca selengkapnya disini >>CARA MELAKUKANRISET PASAR

source
Share on Google Plus