10 TIPS SUKSES MENGEMBANGKAN USAHA KECIL


Anda ingin meningkatkan usaha Anda? Kesuksesan yang lebih besar? Karyawan lebih loyal, dan peningkatan keuntungan? Untuk mengelola usaha kecil dengan baik, mulailah dengan membuat komitmen untuk memperbaiki di 10 bagian dari usaha Anda berikut ini;

1. Memiliki rencana jangka panjang

Seringkali para pemilik usaha kecil terjebak dalam kegiatan kesehariannya sehingga mereka lupa akan perencanaan jangka panjang. Jika Anda memiliki rencana bisnis, perbaruilah untuk dijadikan target Anda saat ini. Jika Anda tidak pernah menulis sebuah rencana bisnis, hal tersebut akan membuat Anda berpikir keras mengenai tujuan yang ingin dicapai pada tahun mendatang dan seterusnya.

2. Mengambil tindakan nyata

Jangan menyimpan rencana bisnis dalam laci kemudian melupakannya. Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, sisihkan setidaknya satu jam dalam seminggu untuk menilai kemajuan yang telah dilaksanakan dan mengukurnya dengan target capaian yang telah Anda tetapkan. Bersama dengan mitra dan karyawan yang bisa dipercaya, buatlah langkah-langkah tindakan dan menetapkan tenggat waktu untuk mencapai target.

3. Memperbaiki web Anda

Apakah website atau blog Anda telah mencerminkan usaha Anda, apakah informasi di dalamnya up to date? Bagaimana kesan web Anda saat ini, atau mungkin desain template-nya masih menggunakan model lama? Apakah web Anda bisa dimuat dengan mudah pada perangkat mobile (smartphone, tablet, netbook, dll) sehingga pelanggan dapat mengakses bisnis Anda dimanapun mereka berada? Buatlah perubahan yang diperlukan pada website atau blog Anda supaya tampil modern dan up to date.

4. Mengelola keuangan Anda

Jika Anda belum menggunakan software akuntansi, jangan tunda lagi. Atau jika Anda sudah menggunakannya namun sistemnya sudah usang, maka meng-upgrade-nya akan jauh lebih baik. Anda bisa menggunakan program seperti QuickBooks yang murah, mudah dipelajari, dan bisa mengoperasikan anggaran dan ramalan sederhana.

5. Rencana pembiayaan ke depan

Bagaimana Anda akan membiayai rencana pertumbuhan usaha Anda untuk ke depan? Jika Anda keuntungan Anda tidak dapat mendanai pertumbuhan usaha, carilah alternatif pilihan sumber pembiayaan dari luar, baik dari pinjaman bank, investor swasta seperti kelompok modal, atau teman-teman Anda dan keluarga.

6. Mulai melakukan sosialisasi

Tidak peduli apapun industri Anda, hampir semua usaha bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, dll untuk mendapatkan keuntungan. Jika Anda belum memanfaatkan media sosial, putuskanlah untuk mencoba setidaknya satu jaringan sosial di tahun mendatang. Jika Anda aktif di media sosial dan mau belajar lebih banyak tentang jaringan sosial favorit Anda, maka Anda akan mahir menggunakannya. Tingkatkan postingan Anda lebih sering lagi misalnya dengan menambahkan lebih banyak video, foto, atau keduanya.

7. Pendelegasian

Memang sulit bagi pemilik usaha kecil untuk melepaskan kendalinya, tetapi delegasi sangat penting untuk pertumbuhan usaha Anda. Berikanlah otonomi lebih kepada karyawan sehingga usaha Anda tidak terhambat hanya karena menunggu Anda. Cobalah untuk merombak struktur organisasi sehingga Anda dapat fokus pada kekuatan Anda dan mendelegasikan bagian lain kepada karyawan Anda.

8. Menilai kebutuhan SDM Anda

Apakah karyawan Anda telah memiliki cukup keterampilan yang dibutuhkan untuk meningkatkan usaha Anda? Atau mungkin Anda perlu memberikan pelatihan tambahan pada mereka, mempekerjakan karyawan baru, atau boleh jadi mengambil outsourcing. Pertimbangkan baik-baik bagaimana Anda mengisi kesenjangan ini.

9. Memutakhirkan peralatan Anda

Entah itu alat teknologi seperti notebook, tablet, smartphone, atau mungkin oven pizza untuk restoran Anda, perubahan kecil ini dapat memberikan perbedaan besar pada usaha Anda. Tentukan investasi apa yang akan memiliki dampak terbesar pada produktivitas dan keuntungan usaha Anda dan cobalah mencari cara untuk mewujudkannya.

10. Rayakan keberhasilan Anda

Tidak peduli seberapa sibuknya Anda, pastikan untuk merayakan saat-saat Anda, karyawan Anda, atau bisnis Anda mencapai sasaran penting. Meluangkan waktu untuk mendiskusikan sasaran yang telah dicapai bisa mengumpulkan kembali energi Anda dan tim Anda dalam menghadapi tantangan berikutnya.

free translate from small-bizla
Share on Google Plus