MEMANFAATKAN HARI PELANGGAN NASIONAL



Hari Palanggan Nasional (Harpelnas) diperingati untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya memperlakukan pelanggan dengan baik dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan bisnis. Peringatan ini juga merupakan salah satu cara untuk memberikan apresiasi kepada orang-orang yang bekerja pada layanan pelanggan dimana pekerjaan mereka sangat berharga dan patut dihormati.

Adalah seorang Pakar Pemasaran Indonesia, Bpk. Handi Irawan yang lahir di Solo, Jawa Tengah, yang tak henti-hentinya merenungkan dan memikirkan tentang sekelompok manusia yang merupakan sumber inspirasinya. Sekelompok manusia ini dikenal dengan istilah Pelanggan.

"Pelanggan memiliki pesona yang luar biasa. Perilakunya menyimpan banyak misteri. Itulah sebabnya, memikirkan pelanggan, adalah pekerjaan yang tiada akhir bagi mereka yang berkecimpung dalam dunia bisnis" kata beliau dengan semangatnya yang khas.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan, maka pada Tahun 2003 Bpk. Handi Irawan mencanangkan Hari Pelanggan Nasional yang kemudian diresmikan oleh Presiden RI ke 5 dan hingga saat ini diperingati setiap tanggal 4 september, sehingga oleh Harian Bisnis Indonesia beliau diberi atribut sebagai Bapak Kepuasan Pelanggan.

Gagasan cemerlang mengenai hari pelanggan ini telah membuka peluang sedemikian luas baik bagi para pelanggan maupun pengusaha untuk berinteraksi secara lebih berkualitas sehingga suatu saat akan ada hari dimana pelanggan akan mengenal produk ataupun layanan tidak hanya sebagai komoditas, tetapi juga sebagai individu yang manusiawi, bisa dikenal dan disapa. Demikian pula sebaliknya, pengusaha tidak hanya mengenal pelanggan dari sisi profitabilitas, namun juga dapat memahami apa keinginan dan harapan mereka.

Sebagai pengusaha, bagaimana Anda memanfaatkan momen Hari Pelanggan Nasional ini? Berikut beberapa manfaat yang bisa diambil dari Hari Pelanggan Nasional.

1. Sarana memperkenalkan produk baru

Harpelnas bisa dimanfaatkan sebagai ajang untuk mengenalkan produk baru, sehingga masyarakat luas mengetahui adanya produk baru yang Anda ciptakan. Selain itu Anda juga bisa mempromosikan produk dengan membagikan contoh produk, brosur atau pamflet, serta kartu nama perusahaan. Sehingga semakin banyak masyarakat yang akan mengenal produk atau layanan Anda.

2. Memperkenalkan produk hasil pengembangan

Selain produk baru, momen ini juga bisa digunakan sebagai sarana untuk memperkenalkan produk lama yang telah dikembangkan dengan inovasi baru. Masyarakat luas akan mengetahui adanya pengembangan produk ini sehingga Anda akan mendapatkan dua kesempatan sekaligus, yaitu menarik pelanggan baru di satu sisi, dan mempertahankan pelanggan lama di sisi lain.

3. Meningkatkan citra merek dan perusahaan

Jika produk Anda sudah diterima pasar, maka momen ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan citra merek atau perusahaan Anda. Tunjukan eksistensi merek dan perusahaan Anda dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggan, meningkatkan empati, dan menanamkan citra positif merek atau perusahaan Anda dimata para pelanggan.

4. Menampung masukan

Ini tidak kalah penting. Untuk mendapatkan masukan dari pelanggan secara sukarela tidaklah mudah. Oleh karenanya, manfaatkanlah momen ini dengan menyediakan semacam Kotak Saran di setiap outlet Anda. Bila perlu, instruksikan semua bagian layanan Anda untuk meminta masukan pada pelanggan dengan memberikan form yang telah disediakan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apa sebenarnya keinginan dan harapan pelanggan terhadap merek atau perusahaan Anda. Ini akan memudahkan Anda untuk mengidentifikasi bagian mana saja yang mungkin perlu perbaikan.

Akhirnya, berikut kutipan kata-kata pencetus HARI PELANGGAN NASIONAL
"Inilah hari dimana setiap perusahaan dapat merenungkan secara mendalam mengenai pelanggan mereka. Inilah hari dimana para top management dapat menggunakan momen ini untuk mendorong setiap karyawan agar terlibat dan memberikan perhatian penuh kepada kepuasan pelanggan. Inilah hari dimana perusahaan memperbaharui komitmen terhadap pembentukan budaya perusahaan dalam menjadikan pelanggan sebagai sentral dari aktifitas perusahaan" [Handi Irawan - Senyum Pelanggan Indonesia]


Share on Google Plus